Pengertian Dan Sejarah SEO

Ditulis Oleh : Hadian Alkani on Senin, 12 Desember 2011



Istilah SEO bukanlah hal yang jarang kita dengar di internet bahkan untuk Bloger, webmaster dan pemilik situs lainya setidaknya menguasai sedikit apa itu Ilmu SEO.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO dapat di artikan ke berbagai kata namun secara Umum Sendiri SEO adalah teknik atau suatu proses untuk memaksimalkan Website atau Halaman web di mata Search Engine, Trik SEO ini adalah salah satu Kunci untuk mendapatkan Banyak pengunjung dari Mesin pencari, Berbagai Trik SEO di pergunakan agar sebuah webpage tampil baik di hasil pencarian (mendapatkan urutan teratas di sebuah mesin pencari).

Sejarah SEO

Secara Umum sebenarnya SEO bukanlah hal yang resmi ada dalam pelajaran sebuah pembuatan website karena kemunculan SEO sendiri terjadi saat tahun 1990an di mana para pemilik website mencoba memaksimalkan tampilan websitenya agar memudahkan spider bot untuk mengakses situs tersebut. tidak ada informasi khusus dan jelas bagaimana alogaritma saat mesin pencari mengindeks suatu website namun para peneliti SEO bisa dengan mudah meneliti tingkah prilaku sebuah Crawler Bot tentang bagaimana mereka melakukan sebuah pengindekskan sehingga SEO ini berkembang pesat. Baru Pada tanggal 26 juli 1997 Seorang Pakar Analis bernama Danny Sullivan Mengenalkan kata "Search Engine Optimization" sebagai Julukan kepada aktifitas memanipulasi Algoritma Sebuah Mesin Pencari Untuk mendapatkan Peringkat tertinggi lewat sebuah pesan spam yang diposting di Usenet.

Perkembangan SEO

Mengingat Algoritma Mesin pencari pada tahun 1990an masih Belum Kompleks seperti saat Ini, Banyak para pemilik website berlaku curang (Black Hat SEO) demi mendapatkan Popularitas di mesin pencari, Pemilik website dengan mudah mengedit Meta Tag situs mereka dengan Kata Kunci yang paling sering di cari sedangkan konten (isi) di websitenya tidak sesiai dengan kata kunci di meta tag sehingga hal tersebut memberikan kerugian yang besar bagi mesin pencari dan pengguna internet.

Kemudian Munculah 2 Mahasiswa lulusan dari Universitas Standford Larry Page dan Sergey Brin yang mengembangkan Alogaritma Pencarian "Backrub" untuk mengatasi masalah kecurangan dalam mesin pencari, Dari sinilah Muncul Istilah "Pagerank" sebagai algoritma untuk menilai kualitas Sebuah website menggunakan perhitungan Matematika dan algoritma yang komplek serta Kualitas BackLink (inbound link) yang di miliki website tersebut.

Pengembangan Backrub tidaklah sampai di situ, Pada tahun 1998 Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan kembali algoritma yang lebih kompleks dan munculah Mesin Raksasa yang sangat di kenal sampai saat ini bernama "Google", terbukti kehadiran Google saat itu di terima dan di minati banyak pengguna Internet Di seluruh Dunia.

Trik SEO bagi pemula

Bagi anda yang masih awam soal SEO sebaiknya banyak belajar dari para master SEO di internet, Saya pun disini hanyalah Pemula dan Saya akan bagikan beberapa Trik SEO khusus untuk Pemula (Master SEO will says "This trick is useless")

• Gunakan Judul website anda dengan target kata kunci yang akan di gunakan
• Pastikan Kata kunci setiap data (postingan) memiliki content yang relavan
• Gunakan slalu Meta Tag dalam header website anda
• Jangan terlalu menembak kata kunci terlalu banyak dalam 1 postingan cukup targetkan 1 atau 2 kata kunci saja
• Pastikan konten yang anda buat tidak 100% hasil jiplak (copy paste) mengingat algoritma google panda menyukai konten original
• Gunakanlah tampilan website yang menarik tapi tidak memberatkan akses ke website tersebut.

Semoga Informasi Tentang SEO Ini Bermanfaat !

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Baik Dan Benar.