Manfaat permutasi dan kombinasi dalam ilmu komputer

Ditulis Oleh : Unknown on Selasa, 18 Desember 2012


Manfaat permutasi dan kombinasi dalam ilmu komputer khususnya memang tak lepas dari banyaknya perhitungan matematika dalam sistem komputer, secara umum permutasi dan kombinasi adalah suatu cara pemetaan dalam matematika yang mencari banyaknya peluang dan kemunculan dari suatu list atau urutan data.

Peranan permutasi dan kombinasi dalam bidang teknologi di jaman sekarang ini sangat bisa di rasakan dan peranan kedua metode matematika ini pun sangat dibutuhkan dalam pengembangan teknologi khususnya ilmu komputer di masa mendatang.


Dalam ilmu komputer pemanfaatan permutasi dan kombinasi ini di antaranya :


  1. Membantu komputer melakukan perhitungan logika yang sistematis dengan cepat dan akurat
  2. Penerapan pada ilmu enskripsi atau keamanan kode (kata sandi) dimana dalam beberapa algoritma enskripsi seperti Rijndael dan Serpent.
  3. Penerjemahan dalam bahasa komputer, dimana dengan mengimplementasikan permutasi dan kombinasi pada complier bahasa pemrograman bisa lebih efisien.
  4. Dalam permainan acak kata atau scrabble adalah salah satu implementasi permutasi dan kombinasi dalam algoritma permainan.
  5. Teknik sistem dan hukum peluang dalam aplikasi
  6. Sistem critical chance dan evade chance dalam permainan game khususnya game RPG
  7. Penerapan permainan dadu yang menggunakan sistem peluang mata dadu.
  8. Penerapan dalam algoritma pembuatan aplikasi ramalan atau zodiak
  9. Penerapan dalam aplikasi pengurutan data yang lebih akurat dan tepat.
  10. Dan masih banyak lagi..

Begitu banyak bukan keuntungan permutasi dan kombinasi bila diterapkan dalam ilmu komputer ini, bagi anda yang belum tahu apa perbedaan permutasi dan kombinasi berikut adalah sekilas pembahasanya :

Pengertian Permutasi

Dalam permutasi penyusunan objek dilakukan secara acak hingga peluang yang ada terpenuhi, yang harus di perhatikan dalam permutasi ini adalah bahwa urutan di perhitungkan, dengan demikan bahwa urutan {A,B,C} tidak sama dengan urutan {B,A,C} untuk pencarian peluang dalam permutasi dapat dirumuskan sebagai berikut :

n = n! /(n-r)

Pengertian Kombinasi

Berbeda dengan permutasi, dalam kombinasi semua urutan nilai yang memiliki nilai yang sama tidak di hitung sebagai peluang, artinya terjadi batasan-batasan urutan yang di hasilkan, misal bahwa nilai {A,B,C} dan nilai {B,A,C} adalah sama, sehingga nilai {B,A,C} tidak di hitung sebagai peluang kemunculan, untuk rumus banyaknya kemungkinan atau peluang dalam kombinasi adalah :

n = n! /r! (n-r)

Itulah artikel Manfaat permutasi dan kombinasi dalam penggunaan komputer yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Terima Kasih.

{ 2 komentar... read them below or add one }

Penghuni 60 mengatakan...

siiiplah, dpt ilmu baru lagi aku..

Blog builder, reyblog.com mengatakan...

Wow trnyata ngeblog pke blogcepot jg ya :D,,,, brp puluh punya blog om? Xixixi

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Baik Dan Benar.