Swiftshader - Review Dan Setup Optimal

Ditulis Oleh : Hadian Alkani on Rabu, 06 Juni 2012

swiftshader.JPG


Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa Aplikasi Swiftshader merupakan Aplikasi Virtual VGA (membantu kinerja VGA Card Dan Melambatkan proses game hee)


Aplikasi Swiftshader ini mampu menipu / merender grafik yang seharusnya di proses penuh oleh VGA atau lebih tepatnya seperti Software Emulation (Emulator)


memang grafis yang di hasilkan jauh dari grafis yang di render oleh Hardware (VGA Card)



Kemampuan Swiftshader



  • Mampu Memproses Pixel Dan Vertex Shader Sampai versi 2 (Swiftshader 2) dan versi 3 (Swiftshader 3)

  • Menghasilkan Kualitas Grafik yang cukup bagus (tetapi tidak terlalu bagus juga)

  • Bisa berjalan di Directx Versi 8 dan Directx Versi 9


Optimalisasi Pengaturan Swiftshader


Sebelum anda menggunakan aplikasi ini sebaiknya perhatikan Hal Berikut :



  • Cek kemampuan VGA yang anda gunakan terlebih dahulu, apabila VGA anda benar" tidak mendukung Pixel Shader maka lebih baik menggunakan Swiftshader Versi 2.0 jangan memaksaan menggunakan Swiftshader versi 3.0

  • Perhatikan Sisa Ram yang anda Punya (Bukan Maksimal RAM yang anda punya) minimal anda harus mempunyai RAM kosong sebanyak 1GB lebih (Minimal) untuk menjalankan aplikasi ini.

  • Jangan terlalu memaksakan game-game yang cukup membutuhkan VGA card hig-end karena aplikasi ini tidak semaksimal yang bisa dilakukan oleh VGA asli

  • Gunakan Aplikasi ini untuk memperbaiki efek yang tidak muncul atau di proses oleh vga anda tetapi game tetap bisa dimainkan.


Cara menggunakan Swiftshader


Anda bisa mendapatkan aplikasi swiftshader dengan membeli aplikasi ini atau Download Swiftshader (tidak disarankan), tapi membeli juga rasanya kurang berguna untuk membeli aplikasi ini karena belum ada games yang berjalan sempurna dengan Virtual VGA Swiftshader ini, Nanti anda akan dapatkan file d3d8.dl (DirectX 8) , d3d9.dll (DirectX 9) dan swiftshader.ini (Config File) jadi hanya game yang menggunakan DirectX 8 Dan DirectX 9 bisa menggunakan software ini.. Copykan ketiga file tersebut kedalam Folder game yang anda mainkan Misal :


PES6.exe (bukan shortcut) berada di direktori "C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 6"


maka ketiga file swiftshader tersebut juga harus berada di folder yang sama dengan PES6.exe


Pengaturan Swiftshader.ini


Untuk mengatur grafis Swiftshader bisa dilakukan dengan 2 Cara yaitu



  • Dengan Mengedit langsung File Swiftshader.ini (hati-hati jangan salah edit)

  • dengan mengedit lewat browser http://localhost:8080/swiftconfig akses link tersebut saat anda menjalankan game dengan Swiftshader


Seting Optimal (Menurut Hadian Alkani hee)


; SwiftShader 2.0 Configuration File


[Capabilities]


PixelShaderVersion=11


VertexShaderVersion=11


TextureMemory=256


[Caches]


VertexRoutineCacheSize=1024


PixelRoutineCacheSize=1024


SetupRoutineCacheSize=1024


VertexCacheSize=64


[Quality]


TextureSampleQuality=1


MipmapQuality=0


PerspectiveQuality=0


TranscendentalPrecision=0


[Processor]


ThreadCount=2


EnableSSE2=1


EnableSSE3=1


EnableSSSE3=1


[Testing]


DisableServer=0


KeepSystemCursor=1


ForceWindowed=0


DisableTexturing=0


ComplementaryDepthBuffer=0


QuadLayoutDepthBuffer=0


PostBlendSRGB=0


Note : Jangan di Copy Paste ! Tulis sendiri biar gak error swiftshader.ini nya


KETERANGAN


PixelShaderVersion=11 VertexShaderVersion=11 // lebih baik gunakan versi yang lebih kecil apabila game masih jalan dengan shader yang lebih kecil, ini akan membantu mengurangi beban memori dan proses


TextureMemory=256 // Semakin besar ukuran texture memori yang dbutuhkan semakin besar tapi semakin banyak yang di proses sebaliknya semakin kecil ukuran texture memory semakin cepat yang di proses oleh memori semakin sedikit juga yang di proses oleh swiftshader (Saran : 128,256,512,768 (semakin besar maka RAM yang dibutuhkan cukup besar juga) bingung kan ? )




VertexCacheSize=64 // Lebih baik jangan di ubah (saran : pilih 64 atau 128)


TextureSampleQuality=1


MipmapQuality=0


PerspectiveQuality=0


TranscendentalPrecision=0


// Kalo keempat di atas dinonaktifkan kan cukup mengurangi kinerja memori, kalo TextureSampleQuality=0 grafis malah jadi jelek lho


[Processor]


ThreadCount=2


EnableSSE2=1


EnableSSE3=1


EnableSSSE3=1


// Kalo anda menggunakan prosesor 2 Core makan thread countnya pun 2, tapi jiga anda bingung ubah Value ThreadCount=0 (mengatur otomatis sesuai jumlah core yang ada) sisanya aktifkan secara default saja


Sisanya gak usah di apa-apain ya (kalo gak ngerti hee)


Samurai Warrior 2 - VGA Unichrome IGP Onboard - Tanpa Swiftshader



Lho ko ? ya jangan ditanya VGA jadul gitu mau mainin SW2 yang membutuhkan Pixel Shader 1.0 hee


Samurai Warrior 2 - VGA Unichrome IGP Onboard - Dengan Swiftshader



Game berjalan dengan baik tapi cukup lambat saat dimainkan


Nah jadi memang tidak ada yang sempurna daripada yang aslinya, Software ini hanyalah mode tiruan (emulator) untuk VGA Card dengan demikian dibutuhkan proses yang lebih tinggi dibanding VGA card aslinya.


Tapi bagi anda yang penasaran menjajal software ini silahkan coba gan... Keren :)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Baik Dan Benar.