Sejarah Dan Perkembangan OS Android

Ditulis Oleh : Hadian Alkani on Senin, 12 Desember 2011



Kehadiran Android sebagai Open Source OS mobile system memang menarik perhatian bagi para pengguna Smartphone di seluruh dunia, tapi apakah anda sudah tahu bagaimana Sejarah Android dan kapan Android Pertama Kali di Rilis ? Kalau tidak anda bisa menyimak artikel di bawah ini :

Apa Itu Android?

Android Adalah Sistem Operasi yang dikembangkan untuk pengguna Ponsel (smartphone dan PDA) serta Tablet yang berbasis dasar dari OS Linux, pada perkembanganya sejak tahun 2007 lalu OS Android berkembang sangat pesat di pasaran ponsel pintar di dunia, hal ini di sebabkan karena OS Android muncul dengan Lisensi terbuka berdasarkan Apache lisensi Dan GPL lisensi.

Sejarah Android

Android Inc. adalah sebuah perusahaan perangkat hardware ponsel yang terletak di Palo Alto, California Amerika Serikat. Dan sejak juli 2000 Android bekerjasama dengan perusahaan mesin pencari Terbesar yaitu Google, ternyata kerjasama kedua perusahaan ini adalah mengembangkan Sistem Operasi untuk ponsel meskipun pada saat itu android hanya di kenal sebagai perusahaan perangkat keras untuk ponsel, Beberapa orang yang mengembangkanya adalah Andy Rubin, Chris White, Nick Sears Dan Rich Miner.

Dibawah pimpinan Rubin Tim android pun mengembangkan Sistem Operasi untuk perangkat ponsel yang di kembangkan dari Kernel Linux, dan akhirnya munculah OS android yang berkembang di bawah lisensi GPL dan Apache.

Kapan OS Android Pertama kali muncul ?

Pada bulan September 2007 Google mulai mengajukan hak paten untuk aplikasi telepon selular, namun dalam tahun ini android masih dalam tahap pengembangan dan pencarian anggota pengembang Android. dan hingga pada pertengahan tahun 2008 sudah mulai banyak produsen yang bekerjasama dengan OS Android milik Google tersebut.

Ponsel pertama yang memakai sistem Operasi Android adalah HTC Dream yang di rilis pada tanggal 22 Oktober 2008 dan pada awal tahun 2009 mulailah para pengembang ponsel menggunakan OS android ini dan di perkirakan setidaknya 18 ponsel bersistem OS Android rilis di awal tahun 2009.

Daftar Urutan Versi OS Android :

- Android 1.1
- Android 1.5 Cupcake
- Android 1.6 Donut
- Android 2.0/2.1 Eclair
- Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
- Android 2.3 Gingerbread
- Android 3.0/3.1 Honeycomb
- Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)

Asal Usul Logo Android


Siapa yang tak kenal Maskot Android Hijau ini, selain bentuknya lucu dan menarik ternyata asal usul logo tersebut cukup unik, Logo android Berasal dari Sebuah Game Arcade Di era tahun 90an yang berjudul Gauntlet : The Third Encounter Arcade , memang game ini tak begitu di kenal di eranya namun salah satu Tokoh robot abu-abu yang memiliki dua antena bernama android ini menjadi maskot yang sangat di kenal di seluruh dunia sebagai OS Android.


Nah Itulah Informasi Tentang Perkembangan Dan Sejarah Android.
Semoga bermanfaat !

{ 1 komentar... read them below or add one }

parking mengatakan...

terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Baik Dan Benar.