Langkah Awal Menjadi Seorang Programmer

Ditulis Oleh : Hadian Alkani on Rabu, 06 Juni 2012


Membuat program dalam komputer bagi beberapa orang di dunia sangatlah menyenangkan termasuk mungkin anda ada salah satu dari beberapa orang tersebut, sebelum melanjutkan pembahasan tentang Langkah Awal Menjadi Seorang Programmer saya menegaskan bahwa tulisan ini tidak mengajarkan anda tentang bahasa pemograman atau langkah menjadi seorang programmer yang handal , tulisan ini dibuat bagi anda yang baru memulai atau ingin mengetahui alasan, pilihan dan tujuan menjadi seorang programmer.


Sebelum memulai pikirkanlah kata-kata berikut :


" Belajar akan membuat orang pintar namun kenyataanya banyak orang yang suka belajar tapi tidak lebih pintar dari orang yang lebih santai menyikapi cara belajar tersebut "


Dari Kata-kata diatas



Mungkin pernah anda alami atau anda pernah melihat teman anda yang tidak keliatan suka belajar tapi dia pintar.. hal yang harus anda ketahui saat anda menguasai sesuatu ilmu jangan anggap ilmu tersebut sebagai pelajaran yang harus anda hapalkan secara terus-menerus, jika anda ingin pintar langkah awal yang harus anda mulai adalah bagaimana cara meniru pola-pikir seorang yang pintar


Banyak peneliti-peneliti jenius di dunia yang awalnya mereka tidaklah terlalu pintar, bahkan masa kecil Albert Einsten orang jenius abad 20 ini ia bukanlah orang yang cukup pintar namun rasa ingin tahuanya akan dunia saat ayahnya membeli sebuah kompas membuat ia menjadi seorang yang jenius.


Lalu apa hubunganya dengan programmer ?


Begitupun seorang programmer yang hebat bukanlah dimulai dengan menguasai ribuan bahasa pemograman dengan baik tetapi mereka mempunyai Analisa dan Logika seorang programmer, hal yang pertama yang harus tumbuhkan adalah rasa keinginan tahuan akan program komputer... Berikut adalah Langkah Awal Menjadi Seorang Programmer :



  • Tujuan Dasar Menjadi Seorang Programmer


Apa tujuan dasar anda ? mencari uang ? menjadi seorang Bill Gates ? atau membuat game besar seperti CAPCOM ?


Jika anda tertarik belajar pemograman hanya untuk mencari uang lebih baik anda mencari pekerjaan lain, karena pemograman memerlukan kreatifitas layaknya seorang pelukis jadi sebelum mencari uang anda harus mendatangkan Kreatifitas terlebih dahulu...


Jika anda tertarik belajar pemograman untuk menjadi seorang Hacker yang hebat saya rasa tujuan anda terlalu jauh... karena hacker erat kaitanya dengan menganalisa sebuah program secara detail mencari celah dalam suatu program, jadi jika anda belum bisa membuat program sendiri jangan berharap untuk menjadi seorang Hacker terlebih dahulu, buatlah karya anda sendiri sebelum menganalisa karya orang lain (hacking)


Jika anda tertarik belajar pemograman untuk menjadi seorang pembuat game anda tidak salah tetapi sama halnya sengan seorang Hacker, membuat game tidak semudah dan menyenangkan seperti saat anda memainkan game, setidaknya anda harus menguasai konsep modeling game, AI (Artifical Intelegence, DirectX atau OpenGL (jika anda akan membuat game 3D), Membuat Game lebih rumit/kompleks daripada membuat program pengelolahan angka (kalkulator) karena dalam game terdapat peluang, perhitungan angka yang lebih banyak... jika anda seperti ini saya yakin anda akan merasa bosan saat mempelajari bahasa pemograman (Ya saya tahu karena merasakan sendiri)


Lalu ?


Buatlah presepsi bahwa apapun program yang akan anda buat di komputer karena Hobi dan kreatifitas anda, anda harus yakin dan senang bahwa suatu saat nanti program yang anda buat akan digunakan oleh banyak orang dan berguna... setelah itu tercapai Lanjutkanlah Cita-cita anda menjadi seorang Hacker , Game Developer dan salah satu Pekerjaan anda.


Setelah anda menguasai konsep awal dan tujuan dasar sorang programmer berarti anda sudah siap untuk memulainya....


Dalam pemograman pada dasarnya terbagi 2 jenis tipe program tools yaitu



  • Visual Programming


Dalam Visual Programming tools anda akan membuat aplikasi layaknya anda membuat presentasi dalam Microsoft Power Point, hanya saja anda perlu bantuan bahasa pemograman yang membantunya membuat program bekerja, Visual Programming cocok untuk pembuatan software tapi tidak cukup bagus untuk games, tetapi beberapa Visual tool ini ada yang dibuat khusu untuk membuat game. Contoh Visual Programming yaitu Visual Studio (Visual Basic, Visual Foxpro, Visual C++,Visual Foxpro J#, Visual Foxpro C#), Netbeans (Freeware), Borland Delphi, RPG MAKER VX /XP (2D Game Engine /Bahasa Pemograman Ruby), Game Maker (2D / Isometric Game Engine - Game Maker Languange) Dan Masih Banyak Lagi.


Visual Programming cocok bagi anda yang tidak ingin repot-repot belajar bahasa pemogramam secara dasar tapi ini juga bukan langkah yang baik karena Visual Programming terbatas dalam pengkodingan



  • Code Programming


Dalam Code Programming anda harus siap membaca ratusan dan ribuan baris bahasa pemograman, karena semua program dibuat dalam baris kode teks saja berbeda dengan Visual Programming anda akan dibantu oleh Design Form. Anda harus memiliki daya ingat yang bagus, pasalanya form yang dibuat menggunakan baris kode saja, tapi hasilnya nanti Code Programming bisa lebih bagus dengan Visual Programming (Bagi Yang Sudah Expert)


Anda tidak harus menguasai semua bahasa pemograman, cukup kuasai beberapa saja sesuai kebutuhan anda dan kuasai penuh bahasa pemograman tersebut...


Saran :


Bahasa Pemograman yang cukup mudah dan powerfull di pelajari menurut saya diantaranya



  • Borland Delphi, Turbo Pascal, Free Pascal (Pascal Languange)

  • Visual Basic 6 , Visual Basic.NET (Basic Languange)

  • Visual C#.NET (C# Languange)

  • DevC++ , Codeblocks, Borland C++, Visual C++ (C++ Languange , Cukup sulit dipelajari tapi C++ merupakan bahasa pemograman yang cukup powerfull)

  • Borland J, Visual J# (off), Netbeans, Eclipse (JAVA languange, Gratis, Full PBO (Pemograman Berorientasi Objek), WORA (Write Once Run Anywhere), cukup susah dan mudah mirip C++)

  • Game Maker (Game maker languange)


Diatas adalah sebagian kecil dari bahasa pemograman yang ada di dunia, Jadi suatu mustahil menguasai semuanya teteapi akan menjadi suatu yang sangat berguna jika anda menguasai apa yang anda mampu kuasai...


Untuk pembahasan Bahasa pemograman akan dibahas terpisah atau anda bisa mencari referensi Lain


demikian tulisan ini saya sampaikan semoga berguna untuk anda


Happy Coding..!!!

{ 16 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

terimakasih atas aran baiknya, untuk langkah menjadi seorng progamer . siip.

Efraim mengatakan...

Tq bro buat thead nya,
semakin termotivasi !


semoga blog nya terus berkembang.
cherrs

Obat Penyubur Kandungan mengatakan...

Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

Unknown mengatakan...

jadi semangat buat belajar program :)

Anonim mengatakan...

Xlo 5u bljar bhsa pmrograman kya datas d5na banx,

hasan mengatakan...

yappzzz hal ini sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula. thank's

hasan mengatakan...

sangat membantu sekali bagi saya yg masih pemula mas, tapi akan lebih baik jika ada video tutor nya,

Adhittia Egha mengatakan...

Nice post bro... Kreatifitas penting bagi programer

jangkrik ganteng mengatakan...

saya lumayan menguasai delphi, apakah sekaranag sudah ketinggalan jaman kalau pakai delphi?

Unknown mengatakan...

mantap gan ane awalnya mau bkin game rpg cm bnyak yg bilang utk pemula baiknya bkin game 2d.
kira2 yg bgus buat lngkah bkin game 2d pke engine apa yah?

tes mengatakan...

beguna bangat ni artikelnya....thank you..

Unknown mengatakan...

trim

Anonim mengatakan...

ada kode2 untuk membuat game 2 dimensi dengan borland c++?? termasuk cara memasukkan gambar yg bergerak, tolong dibntu. maklum saya baru belajar mohon atas bantuannya. terima kasih...

Anonim mengatakan...

Akhirnya dapat jugak aq belaja camne nak jadi programmer walaupon umur aq bru 13 tahun....:-)

Info PC Dan TKJ Comunity Blog Bermacam Tutorial + Tips Dan Trik Terupdate mengatakan...

wah terimakasi buat artikel nya.. sangat menginspirasi sekali... jadi tambah niat dalam dunia coding... :)

salam kenal gan klw ada waktu boleh main-main ke yudhacomunity.blogspot.com :)

Open Note's mengatakan...

saya hanya ingin menambahkan saran, bagaimana agar anda tidak merasa bosan saat belajar pemogramman.
1. carilah teman anda sebagai lawan berpikir saat anda ingin membuat susunan algo program.

2. tulislah algoritma program di buku, lalu analisa apakah sudah fix, baru ketik kode program di komputer, itu agar anda tidak mengalami penyakit lupa saat koding program.

3. Terakhir.. Rendahkan hati, anggap diri kita sebagai orang bodoh dan harus banyak gy belajar.. Kepuasan diri itu yg dapat merusak target anda nanti ya. Gali terus ilmu sejauh mungkin, selamat semangat 45 masih berkibar..

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Baik Dan Benar.